Manfaat Ikan Bilih Untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Bilih Untuk Kesehatan
===================================





Ikan Bilih adalah ikan khas danau Singkarak. Sebagaimana Ikan Bada yang merupakan ikan khas danau Maninjau, Bilih juga memiliki khasiat luar biasa untuk Obat Titan Gel yang sangat baik bagi kesehatan. Kedua ikan endemik Sumatera Barat ini, meski bertubuh kecil, terbukti mampu mengobati berbagai macam penyakit.

Ikan Bilih mengandung asam Omega 3 dan Omega 6 yang dapat membuat fresh syaraf otak sehingga seseorang mampu berpikir dengan jernih. Hal ini membuat Bilih dijuluki sebagai kecil-kecil cabai rawit. Berikut sudah kami susun berbagai Manfaat Ikan Bilih untuk kesehatan:




1. Meningkatkan Ekonomi Nelayan

Melimpahnya hasil budidaya ikan bilih, meningkatkan kesejahteraan para nelayan. Ketika akan dijual di pasaran ikan ini dipisahkan berdasarkan ukuran. Yang besar dikelompokkan bersama, begitu pula dengan yang kecil. Harganya berkisar Rp 50-75 ribu/kg. Tingkat perekonomian nelayan juga amat berpengaruh pada tingkat kesehatan nasional karena nelayan adalah ujung tombak di bidang perikanan.
2. Ikan Bilih Bisa Meredakan Gejala Radang Usus Buntu

Radang usus buntu merupakan peradangan pada usus buntu, yaitu sebuah usus kecil yang berbentuk jari yang melekat pada usus besar di sebelah kanan bawah rongga perut. Bila usus ini mengalami peradangan, maka lama-lama bakal pecah terbuka, yang menyebabkan peradangan selaput perut (peritonitis). Tanda-tanda radang antara lain yaitu nyeri pada perut dan semakin lama semakin sakit, rasa nyeri mulai terjadi di sekitar pusar, tetapi segera nyeri tersebut berpindah kesisi kanan bawah, dan selera makan menghilang, muntah, sembelit atau terdapat panas yang ringan. Tapi anda tenang saja, ikan Bilih mampu jadi solusi.
3. Manfaat Ikan Bilih Mengandung Mineral

Fungsi mineral yaitu mengatur tekanan osmotik dalam tubuh, menghasilkan berbagai jenis enzim, membantu dalam pembuatan antibodi, dan menjaga keseimbangan air dan asam basa dalam darah. Ada fakta mengejutkan bahwa mineral yang berasal dari berbagai jenis produk hewani lebih baik diserap dibandingkan mineral dari nabati. Untuk itu, kita harus memakan ikan Bilih, yang mengandung mineral.
4. Meningkatkan Kinerja Otak

Otak sangat membutuhkan berbagai macam asupan nutrisi yang berasal dari berbagai macam makanan, agar otak dapat bekerja dengan baik. Konon katanya ikan bilih mampu meningkatkan kinerja otak.
5. Mudah Dicerna

Pencernaan adalah sebuah proses metabolisme di mana suatu makhluk hidup memproses sebuah zat, dalam rangka untuk mengubah secara kimia atau mekanik sesuatu zat menjadi nutrisi. Keunggulan utama protein Bilih dibanding ikan lain adalah kelengkapan komposisi asam amino dan kemudahan untuk dicerna. Sehingga ikan ini sangat baik untuk di konsumsi karena baik untuk pencernaan.
6. Awet (Tahan Lama)

Kelebihan membeli ikan bilih matang yaitu bisa bertahan hingga satu minggu. Bahkan, ikan ini bisa awet lebih lama lagi hingga sebulan jika disimpan di lemari es. Karena itulah, banyak wisatawan atau pengunjung yang datang memilih Bilih sebagai oleh-oleh dari Danau Singkarak.
7. Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Di dalam ikan bilih terdapat kandungan fosfor dan kalsium yang dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi anak Konon katanya ikan bilih mampu membantu pertumbuhan Tulang & Gigi pada anak. Kadar kandungan kalsium yang terdapat pada bilih segar 2,2 %, bilih bakar 3,86 % dan bilih goreng 1,52 %. Dan Kandungan phospor pada bilih segar terdapat 1,2 %, bilih bakar 1,93 % dan bilih goreng 1,05%.
8. Dapat di Olah Menjadi Berbagai Jenis Masakan

Selain rasanya yang lezat, ikan Bilih ini dijual dengan berbagai jenis olahan. Ada yang sudah matang, ada pula yang masih basah. Bilih bisa diolah menjadi berbagai macam masakan, seperti bilih goreng balado merah atau bilih goreng balado muda (cabe hijau), pangek ikan bilih, palai ikan bilih, sala ikan bilih, sambal bilih belah dan lain-lain sesuai kreativitas.
9. Besar Kandungan Gizinya

Besarnya kandungan gizi dalam ikan bilih bagi kesehatan manusia, maka bahan pangan dari ikan ini merupakan pilihan tepat untuk diet dan kesehatan tubuh di masa yang akan datang. Gizi yang terdapat dalam daging bilih adalah protein,magnesium, fosfor, kalsium, lemak dan vitamin yang baik dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari.
10. Mengandung Magnesium

Magnesium merupakan logam putih yang lentur yang cukup permanen di udara kering namun berkarat apabila di udara lembab. Ion magnesium penting bagi semua sel makhluk hidup. Magnesium diperlukan karena digunakan dalam pembentukan protein, tulang, sel-sel baru, mengaktifkan vitamin B, asam lemak, merelaksasi otot, ;membekukan darah, serta membentuk adenosin trifosfat atau ATP. Produksi dan juga penggunaan insulin membutuhkan magnesium. Untuk kadar kandungan magnesium yang terdapat pada ikan bilih segar yaitu terdapat 0,18 %, bilih bakar 0,24 % dan bilih goreng 0,36 %.

Komentar